Implementasi Reputation System pada Matangdipohon: E-Marketplace Produk Pertanian dengan Metode Electre

  • Nurracmah Hakim Puar Universitas Sriwijaya
  • Firdaus Firdaus Universitas Sriwijaya
Keywords: E-marketplace, Reputation System

Abstract

Masalah kepercayaan adalah hal terpenting dalam E-Marketplace, oleh karena itu dibutuhkan Reputation System (Sistem Reputasi). Reputasi sistem itu sendiri merupakan sistem yang dibangun untuk menentukan reputasi user (penjual/pembeli)  dasar aktifitas user tersebut. Sistem ini dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi praktik penipuan online karena kurangnya informasi apakah user/member E-Marketplace tersebut benar- benar dapat dipercaya. Dengan adanya suatu reputasi maka penjual atau   pembeli dapat mempertimbangkan  apakah   ingin tetap melanjutkan transaksi   atau membatalkannya. dasar dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka penulis bermaksud untuk melakukan analisis dan pengembangan lebih lanjut dari penelitian sebelumnya dimana fokus utama dari penelitian yang akan dilakukan adalah membangun reputation system.

Published
2018-01-06