Pengaruh Aspek Pedagogis dan Interaksi Sistem pada Penilaian Usabilitas Sistem E-Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor pedagogis maupun interaksi sistem pada penilaian usabilitas sistem e-learning. Pendekatan pada penilaian sistem e-learning, yang selama ini terbelah antara bertumpu pada satu faktor, atau berupaya menggabungkan keduanya tanpa membedakan kekhasan karakteristiknya. Upaya unifikasi tanpa membedakan karakter tersebut akan menyulitkan perumusan tindak lanjut hasil penilain yang dilakukan, sebab tindak lanjut pasca penilaian memiliki perbedaan pada kedua jenis faktor tersebut. Faktor-faktor pedagogis maupun usabilitas sistem mungkin berpengaruh, diperoleh dari hasil studi literatur pada penelitian-penelitian sebelumnya. Pengujian terhadap faktor-faktor tersebut dilakukan dengan melakukan survei kepada para pengguna sistem VCLASS di Universitas Indo Global Mandiri (UIGM). Selain diharapkan mendapatkan faktor-faktor yang diperlukan dalam penyusunan kerangka penilaian usabilitas sistem e-learning, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi terhadap penyempurnaan sistem VCLASS UIGM.