Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ

  • Vina Mandasari Universitas Sriwijaya
  • Bayu Adhi Tama Universitas Sriwijaya
Keywords: Data Mining, Decision Tree, Kepuasan Pelanggan, Restoran Cepat Saji, Survei

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing restoran cepat saji untuk memenangkan persaingan, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu restoran cepat saji yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan konsumennya adalah Restoran XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen Restoran XYZ menggunakan data mining dengan algoritma C4.5. Attribut masukan kepuasan konsumen dalam penelitian ini, mencakup produk, pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi yang berasal dari data hasil survei. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa rules yang dibangkitkan dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manejemen dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan laba mereka.

Published
2011-01-06